Kalimat Tauhid

Adalah sebuah pertanyaan yang menarik , tak banyak orang yang tahu secara detail tentang tarkib dari kalimah tauhid لا اله الا الله. Teman kami yang lebih suka menyebut sirinya dengan sebutan cah cilix’s mengajukan pertanyaan yang sederhana namun membingungkan juga, terbukti butuh beberapa hari untuk mejawab pertanyaan terebut. Telah kami cari dari di beberapa kitab nahwu dari al jurumiyah sampai alfiyah, bahkan dari kitab tauhid _kalau kalu ada, tinggal ngopy aja_ namun juga masih menyulitkan. _saya yang terlalu bodoh atau pertanyaannya memang sulit_ terbilang sulit  nyatanya sudah tak jarang dibaca dan dimaknai setiap hari. Apabila dimaknai secara bahasa indonesia mingkin mudah saja _tiada tuhan selain Allah_ tetapi disini kami melihat jauh lebih dalam pada makna yang dipakai para kyai-kyai dalam memaknai لا اله الا الله _ora ono pengeran kang wajib disembah kanti hak iku maujud kejobo Allah tok_ cukup banyak  lafad yang di sebutkan tetapi tak tersusun dalam kalimah tahid tersebut, seperti _kang wajib disembah_kanti hak_iku maujud_tok. Para kyai pasti tahu mengapa memaknai kalimah tauhid dengan makna sebanyak itu. Bila ingin tahu InsyaAllah akan kita bahas satu persatu, bi taufiqi Allah wa hidayatihi kita mendapat kefahaman yang bermanfaat. Amin

_لا اله الا الله محمد رسول الله_ terdiri dari tujuh kalimah yang kesemuanya adalah kalimah yang ghoiru muttashorif (kalimah jamid) kecuali lafad محمد  . لا adalah kalimah huruf nafi yang lebih rincinya disebut _la linafyil jinsi_yang beramal seperti انّ. اله adalah kalimah isim jamid karena lafadznya bukan berasal dari lafadz lain (musytaq), lafadz ini adalah isim jenis yang bermakna segala sesuatu yang di sembah sehingga pada maknanya adalah tuhan yang disembah. الا adalah huruf istisna’ ia juga jamid sehingga ia tidak termasuk dalam pembahasan  sorof, hanya kalimah kalimah yang muttashoriflah yang di bahas dalam ilmu shorof. الله asalnya adalah اله yang di makrifatkan dengan ال ta’rif dan membuang alif , untuk kronologi peng_i’lal_annya bisa di cari sendiri supaya tidak lebih memperpanjang pembahsaanya. Lafadz الله adalah ismu al a’dhzom yang dipakai untuk dzat yang wajib disembah secara hak(sebenar benarnya benar), tidak ada  satu pun yang menggunakan nama tersebut kecualiNya dengan alasan apapun. محمد  adalah isim alam yang diambil dari isim maf’ul berwazan مفعل _yang di tasydit ain fi’ilnya_ sebuah nama yang diberikan kakek beliau _Abdul Mutholib_ melalui ilham dari Allah SWT, dan tidak ada nama tersebut sebelumnya. رسول juga kalimah isim yang ghoiru muttasorif. رسول adalah seorang laki laki yang merdeka yang diberi wahyu dan diperintah untuk menyampaikan syara’ yang diwahyukan walaupun ia tidak diberi kitab suci atu nash seperti Nabi yusa’ AS. Yang terakhir adalah lafadz الله dan sudah kita bahas tadi.

Sekarang kita teliti satu persatu tarkibnya  لا اله الا الله

لا اله adalah kalam tam manfi berupa jumlah ismiyah dengan membuang khobar yaitu موجود dengan didahului nafi berupa لا. Sehingga dimaknai _ora ono pengeran kang di sembah iku maujud_. لا adalah mabni fath karena ia dalah kalimah huruf.  اله dibaca mabni fatah karena menjadi isim dari لا. اله juga berkedudukan sebagai mustasna minhu karena di’istisnai oleh kalimah setelahnya yaitu الا الله. الا  merupakan huruf istisnak dibaca mabni fath juga. الله adalah mustasna dan dibaca rofa’ sebagai badal ataupun nashob alal istisna’ karena terletak setelah kalam tam manfi.

محمد رسول الله

محمد adalah mubtada’ yang di rofakkan oleh amil ma’nawi ibtida’. Rofa’nya dengan dhomah karena isim mufrod. رسول الله adalah khobar  sibhul jumlah_dhorfiah_sehingga dhorofnya_رسول_di baca rofa’ dengan alamat dhomah karena isim mufrod.  الله berkedudukan sebagai mudhof ilaih dan dibaca jer dengan alamat kasroh.

Semoga menjadi sebuah keterangan yang bermanfaat, ini hanya seklumit pembahasan karena masih ada beberapa hal yang tak bisa dikupas karena menghindari lebih panjangnya pembahasan dan dianggap tak perlu.

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 18 September 2012, in artikelku. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: