Resiko Makan Minum Berdiri

بسم الله الرحمن الرحيم

Hampir seluruh iklan minuman, diperankan dengan cari berdiri,bahkan kadang makan pun sambil berdiri. Dalam keseharian pemandangan itu sering kita lihat, tak terkecuali dilakukan oleh seorang pendidik.

Sedih melihat seorang guru minum sambil berdiri,padahal disekitarnya ada puluhan anak-anak yang melihatnya. Padahal apa salahnya,andai ia berusaha duduk sebentar, kan lebih baik sebagai teladan, dan juga insya Allah akan mendapat pahala, sebagai amalkan sunnah Nabi s.a.w.

Rasulullah s.a.w melarang makan minum dilakukan secara berdiri.

Anas r.a berkata,” Nabi s.a.w melarang orang minum sambil berdiri.Qotadah bertanya kepada Anas r.a,”kalau makan bagaimana?” “Kalau makan berdiri lebih busuk  dan jahat”(Muslim)

 

Abu Hurairah r.a berkata,”Rasulullah s.a.w bersabda ,” jangan minum salah seorang dari kamu sambil berdiri, maka siapa yang kelupaan hendaknya menumpahkan apa yang telah diminumnya itu.” (Muslim)

 

Memang ada riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah pernah minum sambil berdiri,

Ibnu Abbas r.a berkata,”saya memberi minum kepada Rasulullah s.a.w dari zamzam, maka ia minum sambil berdiri.”(Bukhari,Muslim)

Tapi ini pengkhususan hanya untuk air zamzam. Bahkan ada yang mengatakan,” mungkin posisi Rasulullah s.a.w saat itu tidak memungkinkan untuk duduk. Allahu a’lam.

Didalam buku; Metodi Manjaga Kesehatan Menurut Rasulullah hal 59 ditulis

Diantara etika Rasulullah s.a.w ketika sarapan adalah dengan duduk,dan juga beliau melarang minum dengan berdiri. Sebagaimana dalam ilmu kedokteran,bahwa makan atau minum dengan berdiri itu akan menyebabkan benturan-benturan  dan terasa akan penyempitannya. Pukulan-pukulan ini akan sangat berbahaya bagi lambung, sehingga-sehingga dindingnya akan pecah, rusak atau bahkan menjadi luka.

Sms seorang dari teman;

Hikmah  Rasulullah s.a.w melarang minum sambil berdiri,;

“secara medis dalam tubuh manusia terdapat penyaring yang bernama,”sfringer”. Saringan ini membuka ketika kita duduk dan menutup ketika kita berdiri. Air yang kita minum (walaupun sudah dimasak) tetap tidak 100% steril untuk diolah tubuh. jika kita minm sambil berdiri, air yang masuk tidak akan tersaring, karena sfringer tertutup. Jika air yang tidak disaring itu masuk kekantong kemih. Dapat menyebabkan kristal ginjal”

Subhanallah. Dibalik sunnah ada kejayaan,itulah yang sering kita dengar. Namun mengapa kita kurang memperhatikan. Padahal dalam sunnah, walaupun dalam hal-hal yang sepele bisa mendatangkan cinta Allah.

 

“ Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S.Ali-Imran:31)

yuk! kita amalkan sunnah mulai dari yang terkecil :-)

Iklan

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 7 Maret 2012, in kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: