MENGAPA WANITA HARUS MENUTUP AURAT?

 

MENGAPA WANITA HARUS MENUTUP AURAT?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya: “Katakanlah wanita-wanita yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandangannya, memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasaannya, kecuali yang biasa ( sesuai batas syar’I ) tampak dari padanya. Hendaklah mereka menutup kain kerusdung ke dadanya dan janganlah menampakkan kecuali pada suaminya atau ayah  atau ayah suaminya atau putra putrinya atau putra putrid suaminya atau putra putri saudara perempuannya atau wanita-wanita mukmin atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan terhadap anita atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Janganlah mereka memukulkan kakinya agar dilihat perhiasan yang mereka sembunyikan. Bertobatlah kamu sekalian kepada Allah wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”. ( An-Nur : 31 )
Mengapa wanita diharuskan menutup aurat? Satu pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang. Al-Qur’an telah menyebutkan bahwa aurat adalah sesuatu yang harus ditutupi yaitu dengan mengulurkan jilbab (pakaian yang dapat menutupi seluruh tubuh) ke seluruh tubuh agar kaum muslimah mudah dikenali dan tidak diganggu oleh orang munafik. Al-Qur’an memerintahkan kaum wanita untuk menutup auratnya kecuali yang biasa nampak dan hanya orang-orang tertentu saja yang boleh melihat aurat tersebut.
Menurut al-Qurthubi, aurat wanita adalah seluruh tubuh yang menimbulkan syahwat yaitu dari ujung rambut sampai ujung kaki kecuali muka dan telapak tangan. Islam mengharamkan wanita memakai pakian yang terlihat lekuk tubuh dan tipis sehingga nampak kulitnya termasuk diantaranya adalah pakaian yang mempertajam bagian-bagian tubuh khususnya tempat-tempat yang membawa fitnah.
Dalam Islam, wanita itu makhluk yang mulia dan dimuliakan dengan menutup aurat. Islam bermaksud menjaga harga diri dan kehormatan wanita. Ilustrasi yang paling tepat mengibaratkan wanita muslimah adalah perhiasan atau barang mahal. Barang mahal biasanya memiliki ciri-ciri : dijual di toko berkelas, disimpan dan disegel, tidak bisa disentuh sembarangan, harga mahal dengan jaminan memuaskan. Kebalikannya, barang murah mempunyai ciri-ciri : ada di toko murah atau di emperan, boleh dipegang sembarangan, di obral. Islam memeperlakukan wanita persis seperti barang mahal tersebut. Adalah jelas menutup aurat adalah menjaga diri, mensegel diri, menghormati diri, dan memuliakan diri.
Rasulullah SAW bersabda : ” Para wanita yang berpakaian tetapi (pada hakikatnya) telanjang. Yaitu wanita yang lenggak-lenggok tubuhnya, kepala mereka seperti punuk unta) mereka tidak akan masuk surge dan tiada mencium semerbak harumnya. (HR. Abu Daud)
Pelitian ilmiah kontemporer telah menemukan bahwasannya wanita berjilbab atau berpakaian tetapi ketat atau transparan, maka ia akan mengalami berbagai penyakit kanker ganas di sekujur anggota tubuhnya yang terbuka, apalagi wanita-wanita yang memakai pakaian ketat. Majalah kedokteran Inggris melansir hasil penelitian ilmiah ini dengan mengutip beberapa fakta diantaranya behwasannya kanker ganas melanoma pada usia dini. Dan semakin bertambah dan menyebar sampai di kaki dan sebab utama kanker ganas adalah pakian ketat yang dikenakan oleh wanita di terik matahari dalam waktu yang panjang setelah bertahun-tahun. Dan majalah kedokteran Inggris tersebut telah melakukan polling tentang penyakit melanoma itu. Maka dari itu, Islam menganjurkan wanita untuk menutup aurat supaya menjauhkan dari fitnah.

 

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 7 Maret 2012, in islam..... Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: