Bingung ???

Ketika ada sesuatu yang sangat dingin seperti es krim menyentuh pusat langit-langit mulut, maka suhu dingin ini bisa mematikan saraf tertentu yang berfungsi mengontrol berapa banyak darah mengalir ke kepala.

Saraf yang merespons ini akan menyebabkan pembuluh darah di kepala membengkak, akibat dari pembengkakan pembulu darah ini menimbulkan rasa sakit kepala. Beberapa orang menyebut peristiwa ini dengan istilah ‘otak beku’ atau brain freeze, meskipun tidak ada yang terjadi di otak tapi hanya pada pembuluh darahnya saja.

Sakit kepala ini biasanya hanya berlangsung singkat atau tidak lebih dari 5 menit, tapi kadang kondisi ini bisa berulang kali dan kemudian hilang lagi. Sakit kepala akibat es krim ini tidak berbahaya dan tidak menunjukkan ada yang salah di dalam tubuh.

Es krim bukanlah satu-satunya minuman yang bisa menyebabkan sakit kepala, karena minuman atau makanan lain yang sangat dingin seperti minuman es yang dicairkan, soda dingin, susu atau pun jus yang sangat dingin bisa membuat pembuluh darah membengkak yang menimbulkan sakit kepala.

Sebenarnya tubuh dirancang untuk dapat menjaga suhu panas tubuh terutama terhadap sesuatu yang dingin. Bisa dengan cara aliran darah berkurang sehingga diameter pembuluh darah juga berkurang. Tapi saat pembuluh darah kembali normal, arteri di dalam langit-langit mulut menjadi melebar. Sehingga saraf dalam langit-langit tersebut menerjemahkan pelebaran sebagai rasa sakit.

Beberapa dokter menyarankan untuk tidak terburu-buru ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin untuk mencegah timbulnya sakit kepala. Jika mulai merasakan sakit kepala, maka hentikan konsumsinya selama 1-2 menit. Dengan begitu langit-langit akan menjadi lebih hangat sedikit sehingga bisa menikmati es krim tanpa rasa sakit kepala.

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 7 Maret 2012, in kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: