Berhentilah Berfikir Aku Tidak Bisa

Menyembunyikan pikiran kerdil di dalam hati, tetap akan terpancar kelemahan diri. Pikirkan keberhasilan, walaupun kita tidak bisa mengucapkannya. Dan dunia terasa lebih tenang.

Hal utama yang membedakan antara orang yang gagal dalam kehidupan ini adalah perbedaan cara berfikir. Orang yang gagal bukan berarti tidak punya kemampuan untuk berhasil. Orang gagal semata – mata karena mereka tidak mempunyai ide atau fikiran yang memungkinkan untuk berhasil.
Untuk mengetahui mengapa seseorang gagal dalam hidupnya, dapat kita lihat dari apa yang mereka fikirkan dan katakan. Apa yang terjadi kalau seseorang mengatakan, beginilah nasibku, aku sudah menjalani kehidupan seperti ini dari tahun ke tahun tak banyak perubahan yang terjadi padaku. Ini sudah nasibku. Kalau seseorang mengatakan hal seperti itu, maka dia sudah menutup fikirannya dan menutup semua kemungkinan untuk kondisi yang lebih baik. Pikiran, perasaan dan perkataan kita yang kerdil akan memancarkan kelemahan dari diri kita.
Orang – orang seperti ini cenderung  menyalahkan orang tua atau nenek moyangnya karena membawa bibit keturunan yang kurang baik, atau menyalahkan keluarga yang membesarkannya karena tidak mengajarkan sesuatu yang baik, atau menyalahkan lingkungan masyarakatnya seperti sekolah, pemerintah, Negara, bahkan orang lain diujung dunia yang dipersalahkan. Pikiran tidak berdaya inilah yang semata – mata membelenggu seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Karena merasa tak berdaya, maka sikap, tindakan, kebiasaan dan karakternya pun bergerak bersama menuju ketidakberdayaan.
Bagaimana mengubah diri dari pikiran tidak berdaya menuju diri yang sanggup menatap masa depan yang yang lebih baik. Lakukan langkah – langkah berikut :
–    Lenyapkan pikiran tidak berdaya dalam diri dengan alasan apapun, misalnya karena pendidikan rendah, tidak punya pengalaman, tidak punya waktu atau tidak punya modal, dan lainnya.
–    Sadari dan yakini bahwa Tuhan telah memberikan anugrah yang luar biasa pada diri kita: kesadaran diri, imajinasi, hati nurani dan kehendak bebas. Kalau kita pergunakan anugerah itu dalam kehidupan ini, maka kita akan bisa mencapai apapun yang akan kita capai.
–    Pikirkan apa yang bisa kita lakukan untuk mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik. Manfaatkan kemampuan imajinasi kita.
Mulai dari hal –hal yang kita lakukan. Hidup ini akan menjadi rumit dan melelahkan kalau kita bertindak diluar jangkauan kita. Berpikir dan bertindaklah atas hal –hal yang bisa kita lakukan. Lakukan itu dengan kekuatan penuh.
Buatlah komitmen dalam diri kita untuk menjadikan diri kita menjadi manusia pembelajar. Manusia yang memiliki kesadaran diri untuk terus memperbaiki diri, terus mencari cara untuk memperbaiki diri dan keberanian untuk mengubah menuju kehidupan yang lebih baik.
Mulai detik ini berpikirlah aku pasti bisa, serta iring dengan perubahan kemampuan diri dan doa.
Selamat mencoba!

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 7 Maret 2012, in pendidikan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: