Minum Berdiri,, gimana menurutmu ?

Seorang ikhwan yang biasa dipanggil dengan Mas Basith duduk di depan akuarium di depan kamarnya. Sambil menikmati pemandangan air pada akuarium yang mayoritas penduduknya iwak cethul. Hehehe, ada satu yang gd, pembersih kaca huahaha…

Beberapa menit setelah keheningan berlalu, muncullah sesosok makhluk keluar kamar dengan membawa cangkir hamper penuh dengan air, sambil mendekatkan mulutnya ke mulut iwak hee bukan mulut cangkir. Dia meminum sambil menutup pintu dan masih dalam keadaan berdiri. Sontak mas basith ngutip sebuah hadits nabi yang berbunyi,” Laa Yasyrobanna Ahadukum Qoo’iman”. Ikhwan tersebut langsung menghentikan perbuatannya yg menurut mas basith tidak senonoh itu lohh?? Mksudnya menyalahi hadits. Ikhwan itu diduga bernama Ibrohim. Usai itu terjadi sebuah dialog interaktif antar kedua pihak. Ibrohim mempunyai dugaan kalo pendapat mas Basith mungkin benar adanya. Dengan alasan bahwa Mas basith termasuk petugas klinik, yang sehari-harinya temu dokter. Ibrohim berasumsi kalo mas Basith tau dari dokter.

Ibrohim say: Akh, kenapa nggak boleh? Rasul aja pernah minum sambil berdiri, Ibnu Abbas aj pernha cerita kalo dia pernah memberikan Rasulullah air zam-zam lalu Rasul meminumnya sambil berdiri, haditsnya muttafaq “alaih lho…

Mas Basith: Emang cerita ke kamu? Hehehe

Ibrohim: Yee ditanya malah ngocol??

Mas Basith: Rasul minum sambil berdiri itu karena suatu alasan, yaitu dikarenakan ada sesuatu yang menghalangi beliau untuk duduk, seperti penuh sesaknya manusia pada tempat-tempat suci, bukan merupakan kebiasaan. Ingat azas darurat!
Ibrohim: oh gtu yah.. calon ustad nih? Oh ya berhubung ente petugas klinik, mungkin ente lebih banyak tahu mengenai kesehatan. Gimana dengan minum berdiri ini bro…?

Mas Basith: okey… Begini ceritanya, Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal. Jika kita minum sambil berdiri. Air yang kita minum otomatis masuk tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika menuju kandung kemih itu terjadi pengendapan di saluran speanjang perjalanan (ureter). Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter inilah awal mula munculnya bencana.

 

Betul, penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang sungguh berbahaya. diduga diakibatkan karena Susah kencing, jelas hal ini berhubungan dengan saluran yang sedikit demi sedikit tersumbat tadi.

Pada saat duduk, apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lambat. Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

Manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri stabil dan dengan sempurna. Ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf dan otot secara bersamaan, yang menjadikan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum.

Ketenangan ini hanya bisa dihasilkan pada saat duduk, di mana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.

Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.

Begitu pula makan dan minum berdiri secara terus-menerus terbilang membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk.

Sebagaimana kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokkan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah, dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang sangat yang mengganggu fungsi pencernaan, dan seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum.

Ibrohim jadi terkantuk-kantuk mendengar keterang mas Basith yang puaanjang bener tu.

Mas Basith: “hooi kalo diajak ngomong dengerin dong……”

Ibrohim langsung tersentak kaget, cangkir yang dibawanya pun terbang dari genggamannya. Air di cangkir yang tinggal setengah itu tumpah ke lantai……….

Ibrohim: “Afwan mas, apa efek buruknya tadi mas?”

Mas Basith:”Efek buruknya ente pel ini smuaaa..”

Dari berbagai sumber

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 6 Maret 2012, in artikelku. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: