Makan dan minum dengan tangan kanan

Makan dan minum dengan tangan kanan

Makan adalah hal yang pasti kita lakukan sehari-hari, dan saking seringnya kita makan dan melihat berbagai cara orang untuk makan, akhirnya kita melupakan sunnah makan yang sangat penting, yaitu makan dengan tangan kanan.

Marilah terlebih dahulu kita tengok pesan Rasulullah tentang makan dengan tangan kanan ini :

1. Dalam hadits yang muttafaqun ‘alaih,
يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ
“Wahai anak, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada di hadapanmu.” (HR. Bukhari no. 5376, Bab Membaca Basmalah ketika Makan dan Makan dengan Tangan Kanan; Muslim no. 2022, Bab Adab Makan-Minum dan Hukumnya)

2. Dalam Shahih Muslim disebutkan sebuah riwayat,
« إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ».
“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 2020, Bab Adab Makan-Minum dan Hukumnya.

3. Dalam kitab yang sama disebutkan riwayat lainnya,
أَنَّ رَجُلاً أَكَلَ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِشِمَالِهِ فَقَالَ « كُلْ بِيَمِينِكَ ». قَالَ لاَ أَسْتَطِيعُ قَالَ « لاَ اسْتَطَعْتَ ». مَا مَنَعَهُ إِلاَّ الْكِبْرُ. قَالَ فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ.
“Ada seorang laki-laki makan di samping Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah bersabda, ‘Makanlah dengan tangan kananmu!’ Dia malah menjawab, ‘Aku tidak bisa.’ Beliau bersabda, ‘Benarkah kamu tidak bisa?’ -dia menolaknya karena sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya.” (HR. Muslim no. 2021.

Seringkali dalam keseharian kita lupa, dan dengan tanpa kita sadari, kita makan dengan tangan kiri, minumpun juga demikian, padahal semestinya kebiasaan ini harus kita tinggalkan karena merupakan kebiasaan syaitan yang buruk.
Sebagai contoh misalnya kita sedang makan nasi, lengkap dengan lauk pauk, dan krupuknya, maka tanpa sadar kita makan krupuknya dengan tangan kiri. Pada saat kita makan gorengan, kita pegang gorengan di tangan kanan dan cabenya ditangan kiri, alangkah anehnya kelihatannya kalau kita menggunakan kedua tangan kita bersamaan untuk makan, karena akan terlihat seperti orang yang rakus.
Bahkan minum pun sering kita lakukan dengan tangan kiri, karena sudah menjadi kebiasaan. Pada saat makan steak hampir dipastikan semua orang makan dengan tangan kiri, karena tangan kanan lebih terampil memegang pisau, padahal ini tidak sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah.

Tidak sulit sebenarnya menghilangkan kebiasaan ini, tergantung dari niat dan kesungguhan kita mengamalkannya.
Misalnya anda sedang makan steak, cobalah untuk memegang pisau ditangan kiri, dan garpu ditangan kanan, pada awalnya akan canggung dan sulit memotong dagingnya, tapi setelah beberapa kali latihan memotong, maka akan menjadi lancar.
Selalu letakkanlah gelas anda dekat dengan tangan kanan, sehingga tangan kanan akan lebih mudah menjangkaunya dan otomatis tangan kiri tidak ikut2 menjamah gelas.
Kalau ada beberapa makanan yang ingin anda makan, maka makanlah dengan bergantian, jangan gunakan kedua tangan bersamaan, misalnya makan nasi dulu, kemudian letakkan sendoknya baru mengambil kerupuk, atau potonglah krupuk terlebih dulu baru anda makan. Ketika makan gorengan, maka makanlah gorengannya dulu, letakkan baru kemudian makan cabenya.
Segala sesuatu yang diajarkan Rasulullah Insyaallah akan membawa kebaikan kepada kita. Insyaallah membawa barakah. Amiin

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 5 Maret 2012, in artikelku. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: