sorof………

Dhomir, Fi’ilMadhi, Fi’ilMudhori’

Diantarakeistimewaanbahasaarabadalah kaya akan kata-kata, misalkanpadadhomir (kata ganti). Berbedadenganbahasa Indonesia yang hanyamemiliki 7 kata ganti (dia, kamu, kalian, mereka, kami, kita, dansaya)), di dalambahasa Arab kata gantinyaada 12. Antara kata gantiuntukdua orang denganlebihdaridua orang dibedakan di dalambahasa Arab, tidakterdapatpadabahasa Indonesia bahkanpadabahasaInggris.Di antarakeistimewaanbahasaarabjugaadalahsingkatdanpadat, misalnya, jikakitainginmengungkapkan “diasedangmenulis”, makacukupdenganmenggunakankalimatyaktubudaninisekaligusmenunjukkanbahwa yang sedangmenulisituadalahseoranglaki-laki, adapunjika yang menulisnyaituseorangperempuan, makakitagunakankalimattaktubusaja. Singkatdanpadat. Dan banyaklagikeunggulanbahasaarab di atasbahasa lain.

Dhomir                       = kata ganti, sepertidia, kamu, mereka, dll.
Fi’ilMadhi                  = kata kerjalampau, bermaknatelah.
Fi’ilMudhori’             = kata kerjasekarangatau yang akandating

 

 

 

 

 

 

 


Tabel1 :Dhomir, Fi’ilMadhi, danFi’ilMudhori’

Keterangan:

  • Kolom paling kananmenunjukkandhomirdalamkeadaanrofa’.
  • Kemudian di sebelahnyaadakolom “arti” yang merupakanartidarimasing-masingdhomir.

هُوَ (huwa) = Dia (1 lk)

هُمَا (huma) = Mereka (2 lk)

هُمْ(hum) = Mereka (> 2 lk)
هِيَ (hiya) = Dia (1 pr)

dst…bersambung……………………………………….

  • Kolomberikutnya (nomor 2 darikanan) adalahfi’ilmadhidarimasing-masingdhomir.
    Karenaarti kata fa’ala = melakukan, maka:

فَعَلَ (fa’ala) = dia (1 lk) telahmelakukan

فَعَلاَ (fa’alaa) = mereka (2 lk) telahmelakukan

فَعَلوُاْ (fa’aluu) = mereka (>2 lk) telahmelakukan

فَعَلَتْ (fa’alat) = dia (1 pr) telahmelakukan

dst…

Kolom paling kananmenunjukkanfi’ilmudhori’ darimasing-masingdhomir.

ُيَفْعَلَ (yaf’alu) = dia (1 lk) sedang/akanmelakukan

يَفْعَلاَنِ (yaf’alaani) = mereka (2 lk) sedang/akanmelakukan

يَفْعَلوُنَ (yaf’aluuna) = mereka (>2 lk) sedang/akanmelakukan

تَفَعَلُ (taf’alu) = dia (1 pr) sedang/akanmelakukan

dst…

Catatan 1:

Fi’ilmadhimemilikibanyakpola (wazan), diantaranyaadalahfi’iltsulasimujarrod (fi’il yang tersusundaritigahuruf).Fi’ilmadhitsulasimujarrodinimemiliki 6 macampola, yaitu:

  • Fa’ala – yaf’alu (sepertipadacontoh di atas)
  • Fa’ala – yaf’ulu
  • Fa’ala – yaf’ilu
  • Fa’ila – yaf’alu
  • Fa’ila – yaf’ilu
  • Fa’ula – yaf’ulu

Perhatikanbahwafi’ilmadhi yang berpolafa’alamemilikitigakemungkinanfi’ilmudhori’ (yaituyaf’alu, yaf’ulu,danyaf’ilu).Fi’ilmadhi yang berpolafa’ilamemilikiduakemungkinanfi’ilmudhori’ (yaituyaf’aludanyaf’ilu).
Sementarafi’ilmadhi yang berpolafa’ulahanyamemilikisatukemungkinanfi’ilmudhori’ (yaituyaf’ulu).
Misalkan kata “kataba” كَتَبَ yang berpolafa’ala, ada 3 kemungkinanfi’ilmudhori’, yaituyaktabu, yaktubu,atauyaktibu.Mana yang benar?
Jawabannya: yaktubu.
Sementara kata “fataha” فَـتَحَfi’ilmudhori’nyayaftahu.Kenapatidakyaftuhu?Padahalsama-samaberpolafa’alaseperti kata “kataba”.Jawabanya: karena di kamussepertiitu.
Adapun kata “hasuna” حَسُنََfi’ilmudhori’nyapastiyahsunu, karenapolafa’ulahanyamemilikisatukemungkinan, yaituyaf’ulu.

Catatan 2

Selainfi’iltsulasimujarrod, adalagifi’iltsulasimaziid, yaitupolafa”ala, faa’ala, af’ala, ifta’ala, infa’la, tafaa’ala, tafa”ala, if’alla, istaf’ala, if’au’ala, if’awwala,danif’aalla.
Ada jugafi’ilruba’imujarrod, yaitufa’lala, danterakhirfi’ilruba’imazid, yaitutafa’lala, if’anlala,danif’allala.

Catatan 3

Tabel di atasituadalahcontohdarifi’iltsulatsimujarrod yang berpolafa’ala – yaf’alu.Jikapolafi’ilnyafa’ila – yaf’alu, makatinggalmenggantiharokattengahnya, misalnya kata سَمِعَ – يَسْمَعُ (sami’a – yasma’u) = mendengar,
caramentasriffi’ilmadhinya:

Tabel 2 di bawahinimerupakancontoh-contohfi’ilmadhidenganmudhori’nya yang berpolafa’ula – yaf’ulu, fa’ila – yaf’alu, fa’ala – yaf’ulu, fa’ala – yaf’alu

Tabel 2: Kosakata

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ContohTasrifLughowiFiilMadlidanMudlori’

 

Fi’ilmadli Fi’ilmudlori’ Artifi’ilmadli / mudlori’
سَمِعَ يَسْمَعُ dia (1 lk) telah / sedangmendengar
سَمِعاَ يَسْمَعَانِ mereka (2 lk) telah/ sedangmendengar
سَمِعُوا يَسْمَعُونَ Mereka(lebih 2 lk ) telah/ sedangmendengar
سَمِعَتْ تَسْمَعُ dia (1 pr ) telah/ sedangmendengar
سَمِعَـتَا تَسْمَعانِ mereka ( 2 pr ) telah/ sedangmendengar
سَمِعْنَ يَسْمَعْنَ Mereka ( lebih 2 pr ) telah/ sedangmendengar
سَمِعْتَ تَسْمَعُ dia (1 lk) telah/ sedangmendengar
سَمِـعْـتُـمَا تَسْمَعَانِ mereka (2 lk) telah/ sedangmendengar
سَمِعْـتُـمْ تَسْمَعُونَ Mereka(lebih 2 lk ) telah/ sedangmendengar
سَمِـعْـتِ تَسْمَعِينَ dia (1 pr ) telah/ sedangmendengar
سَمِـعْـتُـمَا تَسْمَعَانِ mereka ( 2 pr ) telah/ sedangmendengar
سَمِعْــتُـنَّ تَسْمَعْنَ Mereka ( lebih 2 pr ) telah/ sedangmendengar
سَمِعْـتُ أسْمَعُ Sayatelah/ sedangmendengar
سَمِـعْناَ نَسْمَعُ Kami / kitatelah/ sedangmendengar

 

Iklan

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 22 Februari 2012, in artikelku and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: