mengembangkan pendidikan STAI Khozin,,,,,

Sekolah Tinggi Agama Islam ? Pasti banyak pertanyaan yang ada di benak kita. Apalagi STAI Chozinatul ‘Ulum yang menjadi satu-satunya akademik islami yang independent di kota Blora, sebuah kabupaten yang selama ini termasuk kabupatentertinggal, terutama dari segi dinamika pendidikan. Walau begitu keadaannya, tokoh-tokoh daerah Blora, khususnya dibawah naungan yayasan Al-Amin mampu bangkit dari keterpurukan dan ketertinggalan inidengan melahirkan akademik yang berorientasi agama islam yang kita kenal dengan semula STIU.

Para tokoh-tokoh ini membaca, mengamati, dan menyimpulkan bahwa keberadaan suatu lembaga tinggi akademik, khususnya yang berorientasi islam sangat dibutuhkan masyarakat, bahkan seperti fardlu kifayah. Upaya ini dilakukan untuk menjaga kelestarian khazanah terbesaryang diwariskan Rosulullah SAW, yaitu Al-Qur’an dan Hadits, sekaligus menjawab problematika bangsa yang pada dewasa ini subur bagaikan jamur di musim hujan.

Alhamdulillah dengan rahmat dan inayah Allah SWT, STIU dapat berjalan walau banyak sekali rintangan yang menghadang. Mulai dari birokrasi Depag ( Kemenag ) yang alot, staf pengajar yang belum tetap, administrasi akademik yang belum tertata dan yang paling fatal adalah kedisplinan para mahasiwa. Pada tahun ini masalah-masalah tersebut mulai dibenahi dan sudah berhasil dan masih dalam perkembangan maju untuk masalah administrasi dan kedisiplinan mahasiswa. Dari pihak yayasan sendiri sudah berusaha mengurai satu persatu dari problem-problem tersebut, termasuk konversi STIU menjadi STAI,  dan status akreditasi C. Untuk masalah staf pengajar, yayasan sudah mengambil para dosen yang mumpuni dalam bidangnya masing-masing dan tentunya kualitas yang bermutu, sehingga mahasiswa mantap untuk belajar.

Pencapaian ini tentunya belum maksimal dan sesuai cita-cita awal berdirinya STAI ini. Disisi lain penugus yayasan juga manusia yang mempunyai keterbatasan ruang, waktu, dan pastinya SDA maupun SDM. Sebagai elemen terpenting dalam kampus, mahasiswa mempunyai andil besar dalam kemajuan dan kemerosotan akademik. Oleh karena itu, semua mahasiswa dara semua semester harus melakukan perubahan-perubahan yang konkrit  dan real. Semua perubahan itu sulit, tapi kalau didasari keyakinan dari semua pihak, insya Allah akan tercapai apa yang dicita-citakan.

Langkah-langkah ini sangat menentukan masa depan STAI Khozinatul ‘Ulum dalam mengemban visi dan misi STAI itu sendiri. Langkah-langkah ini bias disimpulkan dalam beberapa item dan analisis, sehingga bias melahirkan solusi daripada problematika akademik STAI.

Langkah-langkah tersebut yang pertama adalah administrasi  wajib didisplinkan dengan penuh tanggung jawab dan kebijakan untuk semua pihak. Ibarat filosofi jawa, jer basuki mowo beo, yang berarti kemajuan butuh pendanaan. Dan menuntut ilmu itu harus ada bekal-bekalnya yang salah satunya adalah administrasi.

Dan langkah yang kedua yaitu birokrasi kampus, terutama BEM, organisasi tiap semester, dan sub-sub lembaga yang ada di dalam kampus, harus aktif menjalin komunikasi dan koordinasi terkait kegiatan akademik kampus. Semua harus diaktifkan, ibarat mesin mobil kalau ada salah satu yang rusak maka perjalanan akan terganggu, bahkan bisa terjadi kecelakaan dan tidak sampai tujuan.

So! Bangkitlah STAIku, raih impianmu, jangan jadikan dirimu singa ompong yang hanya pandai meraung-raung tapi tak berani berkompetisi dalam zaman globalisasi.Semoga STAI ini dapat mengembangkan keilmuan-keilmuan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya para pelajar penerus bangsa Indonesia ini. Di pundakmu nasib bangsa, di pundakmu nasib agama. Ini adalah titah Illahi Robbil Alamin.

Iklan

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 19 Februari 2012, in artikelku. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: