Arti Cantik, Berubah ?


Selama ini, dalam pandangan masyarakat luas, kata cantik selalu di identikan dengan sosok wanita yang berkulit putih, bertubuh langsing, memiliki hidung mancung dan lain sebagainya, yang di utamakan didasarkan kondisi fisik perempuan semata.

Kecantikan tidaklah cukup hanya diukur dari aspek lahiriah seseorang saja. Akan tetapi, kecantikan yang sesungguhnya terletak pada kepribadian seseorang yang terwujud dalam tingkah laku kehidupan sehari-hari. Yaitu kecantikan yang lahir dari dalam diri seseorang. Pemahaman sebagai masyarakat yang menganggap bahwa cantik itu putih sangat dipengaruhi oleh kekuatan media dalam mengartikan kecantikan. Media masa sebagai pembentuk opini publik, secara tidak langsung telah menimbulkan kegelisahan pada sebagian besar wanita. Khususnya mereka yang tak berkulit putih. Bagaimana tidak, setiap iklan produk kecantikan yang dipromosikan oleh media masa selalu menampilkan sosok wanita-wanita yang berkulit putih, cantik dan bertubuh langsing. Belum lagi dengan begitu banyaknya produk-produk kecantikan yang mengusung tema whitening, yang semakin menguatkan anggapan mereka bahwa yang di sebut cantik adalah yang berkulit putih.

Sesungguhnya kecantikan itu adalah milik setiap wanita. Tidak ada satu pun wanita di dunia ini yang berhak mengklaim bahwa kecantikan itu hanya milik satu golongan saja. Wanita yang berkulit putih, sawo matang, kuning langsat bahkan hitam sekali pun sama-sama berhak menjadi cantik. Dalam kamus besar bahasa Indonesia cantik itu bermakna indah, elok dan rupawan. Kemudian dalam penerapannya, pemaknaan seseorang terhadap kecantikan itu berbeda dan bahkan selalu berubah dari waktu ke waktu. Konsep kecantikan seseorang di daerah tertentu boleh jadi berbeda dari konsep kecantikan seseorang di daerah lain tapi mungkin juga ada yang sama.

Dulu pada zaman kekaisaran Romawi, wanitan cantik adalah wanita cantik adalah wanita yang bertubuh gemuk, wanita yang subur, yang menurut sejarah adalah wanita yang bertubuh subur. Pada masa berikutnya, pemaknaan cantik mulai bergeser. Cantik itu kemudian di maknai sebagai wanita yang memiliki tubuh langsing dan berkulit putih meskipun ada seseorang yang memaknai cantik itu indah tetapi itu hanya beberapa orang saja mungkin 1 : 10.

Sekarang kepemilikan tubuh langsing dan kulit putih sepertinya tak lagi dijadikan ukuran mutlak seseorang disebut cantik. Dengan terpilihnya miss universe 2011 dominasi makna cantik itu putih telah terkikis dengan sendirinya. Seperti diketahui bahwa miss universe adalah ajang kontes wanita sejagad yang di jadikan referensi utama dalam memaknai kecantikan, dan ternyata Lopes mampu membuktikan kepada dunia bahwa wanita berkulit hitam sekalipun adalah cantik.

Hakikat  cantik

Berkaca dari ajang miss universe yang menobatkan Lopes sebagai ratu kecantikan sejagat itu, dapat ditafsirkan bahwa hakikat cantik adalah kepemilikan kemampuna-kemampuan tertentu yang membuat seseorang wanita  benar- benar menjadi wanita seutuhnya menjadi wanita yang anggun ,sopan, dan memiliki tingkah laku yang baik. Yang ukuran-ukuran kecantikan itu didasarkan pada aspek kepribadian bukan dari fisik. Kecantikan yang sesungguhnya adalah sesuatu yang bersumber dari hati, kemudian terefleksikan dalam tindakan nyata yang disebut dengan inner beauty.

Warna kulit , bentuk hidung, bentuk rambut, dan aspek2 lahiriyah yang lainya adalah sesuatu yang terbentuk secara alamiah saja. Tidak adil manakala kecantikan hanya di ukur Dari aspek lahiriah semata, karena secara fisik antara manusia satu dengan yang lain itu berbeda, dan itu adalah sebuah keniscayaan dan rahmat. Oleh karena itu makna kecantikan sekarang ini harus mulai diarahkan pada aspek ruhaniah seseorang. kecantikan yang sesungguhnya harus bisa memberikan energy positif bagi sekitarnya, sehingga kriteria kecantikan akan berubah dari yang berkulit putih dan bertubuh langsing menjadi seseorang yang memiliki kemampun dan prestasi tinggi, yang dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain, memiliki perilaku yang baik,mau menolong terhadap sesama dan lain sebagainya. Cantik itu seseorang wanita muslimah sejati ( tua maupun muda) yang selalu tunduk dan pasrah pada Allah yang selalu menjaga kemaluannya berpakaian dan berhias serta bertatakrama serta sesuai aturan islam dan tidak berlebihan sebagaimana dalam surat an-nur ayat 31 dan surat al-ahzab ayat 59. Dalam sebuah  hadits juga di terangkan seperti sabda rasulullah saw,bersabda yang artinya: ’Sesungguhnya Allah tidak melihat seseorang dari suara dan dari wajahnya (jasad), melainkan ia melihat hati dan perilakunya’’. hadits ini dengan tegas menerangkan bahwa kriteria fisik tidak menjadi penentu dalam menilai seseorang.akan tetapi yang menjadi penentu dan dijadikan criteria untuk menilai dan membedakan kualitas seseorang adalah hati dan perilakunya.

Jika pemaknaan kecantikan seperti ini di sadari dan kemudian diimplementasikan oleh setiap wanita, maka tidak ada lagi kekhawatiran bagi wanita untuk tidak bisa menjadi cantik. justru melalui pemaknaan seperti ini, setiap wanita bisa menjadi cantik seutuhnya. dan pada akhirnya figur-figur yang dijadikan referensi sebagai wanita cantik adalah sosok seperti Siti khadijah, Bunda Teresa, RA Kartini, Dewi Sartika, dan wanita- wanita lain yang mendefinisikan hidupnya untuk memberikan manfaat bagi orang-orang di sekelilingnya.

Iklan

About iroelizzta

santai tapi pasti

Posted on 19 Februari 2012, in artikelku. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Hai, salam kenal..

    Ini tulisan yang bagus. Semoga ada banyak orang yang berhenti tergila-gila melangsingkan tubuh dengan cara yang menyakitkan atau bahkan berbahaya. Penting sekali kita bisa menghargai dan mengapresiasi tubuh dengan cara yang sehat.

    Saya juga barusan posting tulisan yang terkait soal kelangsingan. Coba baca deh di Apakah Langsing Itu Cantik dan Seksi? Saya membahas tentang persepsi bahwa pria tertarik dengan wanita yang kurus langsing, sehingga banyak wanita selalu merasa dirinya kurang kurus dan kurang langsing. Semoga tulisan saya bisa menambah referensi dan pencerahan.

    Sampai jumpa.

    Lex dePraxis
    Love & Relationship Coach

    • makasih ats apresiasimu,, slam kenl juga.memang wacana perempuan itu sangat enak sekali buat kita ,, untuk mengetahui wanita yang baik itu gmna,, aslinya gimana, sifatnya gimana, ? tulisanmu juga bgus banget, tanya caranya biar blog itu tidak bisa dicopy langsung itu gimana, makasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: